Kamis, 20 September 2012

Tour de Sewan.

Tour de Sewan

Peserta Gowes: Manli, Wilcen, Tobec, Reynard, HT, Hasan, FK, Wiryanto, RB & Yoan

Sesuai kesepakatan via Blackberry group dan promosi kuliner bakmie terenak se-Tangerang dari Bro Yoan, maka gowes akhir pekan kali ini dipilih ke daerah Sewan – Tangerang.

Sabtu, 15 September 2012, jam 05:45 saya sudah tiba di PKL (Patung Kuda Laut) yang memang menjadi icon bagi TdP. Tak lama kemudian Bro Yoan selaku track guide hadir. Luar biasa lho pengorbanan Bro Yoan yang rela gowes ke PKL padahal rute ke Sewan itu melewati rumahnya. Sekitar jam 06:00, 10 member TdP berkumpul dan langsung narsis dahulu di depan PKL sebelum gowes menuju Sewan.

Baru gowes sekitar 2 km, Om Tobec sudah ngacir didepan untuk bisa mengambil photo, padahal masih didalam komplek PIK. Gowes terus kearah Komplek Taman Palem dan melewati jalan yang menuju rumah RSUD Cengkareng. Kemudian keluar ke jalan Lingkar luar raya,
lalu naik jembatan penyeberangan yang dibawahnya jalan Tol Lingkar Luar.

Nah saat naik jembatan penyeberangan ini hanya Bro Yoan yang berani naik dan turun tanpa TTB (tuntun bike). Saya sendiri cuma berani gowes saat naik alias nanjak. Saat menurunin jembatan penyeberangan ini saya lebih memilih TTB. Ngeri bercampur takut jatuh, salut buat Bro Yoan dan Bro Reynard yang berani menuruni jembatan penyeberangan dengan mulus.

Gowes kemudian dilanjutkan ke jalan perkampungan yang melewati sisi luar komplek perumahan Citra Garden 2 sampai ke jalan Peta Barat menuju kearah jalan Tol Profesor Sedyatmo atau lebih dikenal jalan tol Bandara. Namun kami tidak diajak Bro Yoan kea rah Bandara Soekarno Hatta, melainkan diajak gowes memutar dan melewati jembatan ke sisi jalan Tol yang menuju Kapuk – Pluit.

Saya sempat heran, bagaimana bisa Bro Yoan menemukan jalan kecil yang bisa menembus jalan persis dipinggir jalan tol yang menuju arah arah Kapuk – Pluit. Sebelum kami berbelok menuju jalan kampung, terdapat patung Garuda yang bersebelahan dengan kantor jasa marga yang didepannya terdapat pintu tol bandara.

Setelah narsis dibawah patung Garuda, gowes kami lanjutkan melewati jalan kampung dengan koltur tanah liat. Beberapa kali saya dan Om Tobec berhenti untuk mengambil photo. Gowes terus sampai ketemu kali Dadap dan berbelok arah menuju jalan raya Prancis – Dadap. Lalu masuk ke komplek Duta Bandara dan mampir sebentar di Indo Maret disana untuk minum dan beristirahat.

Ayooo nih, dikit lagi sampai warung kata Bro Yoan. Saya pikir sudah mau sampai di warung Bakmie yang katanya terkenal enaknya itu. Kami pun melanjutkan gowes ke arah belakang komplek Duta Bandara untuk masuk kembali jalan offroad. Tak lama masuk jalan perkampungan yang kecil dan berkelok-kelok. Luar biasa Yoan, bisa hafal luar kepala jalan kecil disini, pasti dulunya ada pacar atau bimu disini, kata Om Wilcen.

Nah sampai deh, ayo kita minum dan makan gorengan, kata Bro Yoan sambik memarkir sepedanya. Ternyata warung yang dimaksud Bro Yoan adalah warung rokok yang menjual makan kecil dan kopi. Lalu saya bertanya, “lah… mana warung bakmienya?”. “Masih jauh Bro, itu di Sewan”, jawab Bro Yoan. Ya sudah terpaksa kita berhenti beristirahat sambil melihat pesawat terbang landing ditemani gorengan combro dan ubi. Seperti biasa, Om HT langsung memesan kopi panas hehehehe.

Setelah puas makan dan minum, gowes kami lanjutkan masuk jalan perkampungan. Melewati swah yang sudah gersang karena baru dipanen. Sepanjang jalan tidak lupa saya dan Om Tobec berhenti untuk mengambil photo.

Saya tidak tau nama jalannya yang saya lewati, namun tiba-tiba sudah sampai di jalan belakang komplek Bandara Soekarno – Hatta. Gowes terus menuju ke arah Tangerang dan kembali masuk jalan kampung.

Jujur sekita saya salut sama Bro Yoan yang tau jalan-jalan kecil kampung sehingga jalannya tidak padat dengan kendaraan bermotor.

Sempat berhenti sejenak didepan klenteng Kwan Yin Bio untuk narsis. Didaerah ini masih bisa dilihat kebudayaan China semasa jaman penjajahan Belanda. Setting lokasinya mirip dengan suasana dalam novel “Ca Bau Kan” karya Remy Silado (diangkat juga ke layar fim)  yang pernah saya baca.

Lanjut terus gowesnya sampai ketemu jalan raya dan sampai dipuncak acara kuliner bakmie Koyan. Bakmi disini ada 2 pilihan topingnya yakni daging Babi dan Ayam. Kalau sudah begini saya lebih memilih duduk sambil minum liang the hehehehehe. Menurut pengakuan teman-teman yang makan, citarasa bakmie-nya memang luar biasa dengan harga yang murah jika diukur dari porsi.  Janji iklan Bro Yoan soal kuliner bakmi terenak se-Tangerang memang terbukti enak.

Sudah jam 10:30, gowes kami lanjutkan menuju arah pulang. Melewati jalan perkampungan menuju arah komplek Duta Garden untuk mampir ke Kopi Tiam Ayung. Disini kami mencicipin sajian Kua Ling Kau. Sejenis pudding yang disajikan dengan gula cair dalam kondisi dingin. Jadi habis gowes diterik panas matahari, makan sajian ini terasa nikmat. Saya sendiri makan 2 porsi Kua Ling Kau ditambah satu porsi es campur, makyusssss…..!!!!

Sudah jam 12:00, cuaca semakin panas dengan terik matahari yang menyengat.

Kami pun lanjut gowes menuju ke arah Cengkareng. Kembali masuk jalan kampung dimana motor pun tidak bisa lewat. Sampai ketemu jalan yang posisinya persis dibelakang kantor Bro Hasan. “Gue aja belum pernah jalan disini, gila si Yoan tau aja” kata Bro Hasan. Biar sedikit memorable, saya mengabadikan Bro Hasan saat posisi kami persis dibelakang kantornya.

Akhirnya kami sampai kembali di Jalan Lingkar Luar Raya. Disini kami berpisah dengan Bro Yoan karena rumahnya di daerah Cengkareng. Gowes terus kearah Kapuk dan saat diputaran kami berpisah dengan Om Tobec yang rumahnya di Palem. Saya sendiri memisahkan diri dengan rombongan saat di jalan Kapuk Raya karena semua rombongan gowes menuju PIK dan saya sendiri kearah Teluk Gong.

Hampir jam 13 saat saya tiba dirumah dan di GPS tertera angka hampir 70 km sebagai penunjuk jarak yang sudah saya gowes hari ini. Terima kasih semua buat rekan-rekan TdP khususnya Bro Yoan yang sudah memandu acara gowes Tour de Sewan kali ini.  Wasallam J